KOMPRES

DAFTAR FINALIS KOMPRES 2014

peserta1

KOMPRES 2014

Kegiatan yang dilombakan terbagi dalam 3 kategori, yaitu:

  1. Cloud Computing/Web Service Application, membuat aplikasi yang dapat diimplementasikan pada platform PC atau mobile, berbasis cloud computing/web service.
  2. 3D Animation, membuat karya kreatif berupa gambar atau karakter animasi 3D menggunakan Blender.
  3. Location Based Service (LBS) Application, membuat aplikasi yang berbasis lokasi, diutamakan lebih ke arah social media ataupun game, dan dapat dipadukan dengan teknologi Augmented Reality.

KATEGORI CLOUD COMPUTING/WEB SERVICE

Deskripsi

Lomba aplikasi adalah lomba untuk menguji kemampuan mengembangkan aplikasi berbasis teknologi cloud computing (dan/atau) web service yang dapat diimplementasikan pada platform PC ataupun mobile.

Persyaratan karya

  • Karya aplikasi dapat dikembangkan di atas platform mobile, desktop maupun web.
  • Karya aplikasi menggunakan bahasa pemrograman bebas, bersifat open source atau free software, serta mengandung unsur cloud computing/web service.
  • Karya dan ide aplikasi yang dikembangkan adalah asli dari peserta, dan dapat dibuktikan saat presentasi final.
  • Aplikasi yang dibuat adalah hasil karya yang dapat dipertanggung jawabkan dan belum pernah dipublikasikan atau di ikutsertakan dalam kompetisi/lomba yang serupa.
  • Aplikasi yang diikutsertakan menjadi hak milik panitia.

Tahap dan prosedur

Tahap Pendaftaran (21 Juli  – 11 Oktober 2014)

  • Peserta mendaftarkan timnya di Kampus E Ruang E544 dan Kampus J Ruang J1222 dengan mengisikan nama tim, data anggota tim, dan data ketua tim, serta fotocopy kartu mahasiswa atau kartu rencana studi aktif.
  • Judul karya yang akan dikompetisikan dan deskripsi diisi singkat dan jelas.

Pengumpulan Proposal dan Tahap Penyisihan

  • Tahap Penyisihan dilaksanakan melalui sidang penilaian oleh panel juri terhadap karya-karya pembuatan aplikasi yang diusulkan melalui proposal dan kelengkapan yang telah diserahkan oleh peserta ke panitia lomba.
  • Peserta mengumpulkan Proposal Cloud Computing/Web Service Application melalui panitia lomba KOMPRES 2014 paling lambat tanggal 18 Oktober 2014.
  • Proposal Cloud Computing/Web Service Application minimal terdiri atas lembar judul, abstraksi, daftar isi, latar belakang, tujuan, target pengguna, deskripsi teknologi yang digunakan (platform aplikasi, bahasa pemrograman yang digunakan, API, sistem operasi, dan sebagainya), dan Output.
  • Naskah proposal ditulis dalam font huruf Times New Roman, 12pt, 1.5 spasi, maksimum 30 halaman, serta di jilid.

KATEGORI 3D ANIMATION

Deskripsi

Lomba ini ditujukan untuk menguji kreativitas ide atau gagasan, serta kemampuan dan keterampilan peserta dalam mengimplementasikan gagasannya dalam bentuk pembuatan gambar atau karakter animasi 3D.

Persyaratan Peserta

  • Peserta adalah seluruh Mahasiswa Aktif Universitas Gunadarma.
  • Mendaftar sebagai peserta KOMPRES LAB TEKNIK INFORMATIKA 2014 pada tempat dan waktu yang telah ditentukan.
  • Peserta berkelompok/tim, terdiri atas 1-4 orang mahasiswa dan dipimpin oleh seorang Ketua Tim.
  • Pendaftaran peserta dan keikutsertaan peserta tidak dikenakan biaya.
  • Peserta yang menjadi finalis (lolos seleksi tahap awal) diwajibkan untuk mengikuti babak final yang akan dinilai oleh para juri guna menentukan pemenang utama.
  • Peserta yang tidak mentaati peraturan yang telah ditentukan akan di diskualifikasi.
  • Pengumuman hasil penjurian tidak dapat diganggu gugat.

Tahap dan prosedur

Tahap Pendaftaran (21 Juli  – 11 Oktober 2014)

  • Peserta mendaftarkan timnya di Kampus E Ruang E544 dan Kampus J Ruang J1222 dengan mengisikan nama tim, data anggota tim, dan data ketua tim, serta fotocopy kartu mahasiswa atau kartu rencana studi aktif.
  • Judul karya yang akan dikompetisikan dan deskripsi diisi singkat dan jelas.

Pengumpulan Proposal dan Tahap Penyisihan

  • Tahap Penyisihan dilaksanakan melalui sidang penilaian oleh panel juri terhadap karya-karya pembuatan animasi yang diusulkan melalui proposal dan kelengkapan yang telah diserahkan oleh peserta ke panitia lomba.
  • Peserta mengumpulkan Proposal 3D Animation melalui panitia lomba KOMPRES 2014 paling lambat tanggal 18 Oktober 2014.
  • Proposal 3D Animation minimal terdiri atas lembar judul, daftar isi, latar belakang, sinopsis, tujuan, target penonton, skenario animasi, storyboard animasi, deskripsi teknologi yang digunakan (platform aplikasi, bahasa pemrograman yang digunakan, API, sistem operasi, dan sebagainya.
  • Naskah proposal ditulis dalam font huruf Times New Roman, 12pt, 1.5 spasi, maksimum 30 halaman, serta di jilid.
  • Tema 3D Animasi “Iklan Promosi Cloud Computing”

KATEGORI LBS APPLICATION

Deskripsi

Lomba LBS Application merupakan semua karya inovasi TIK (piranti lunak, perangkat keras dan/atau kombinasinya) untuk menciptakan pengalaman baru dalam membuat aplikasi PC ataupun mobile, yang sangat mungkin dipadukan dengan teknologi lain semisal Augmented Reality (AR). Aplikasi yang dibuat diharapkan lebih ke arah social media ataupun mobile game.

Persyaratan Peserta

  • Peserta adalah seluruh Mahasiswa Aktif Universitas Gunadarma.
  • Mendaftar sebagai peserta KOMPRES LAB TEKNIK INFORMATIKA 2014 pada tempat dan waktu yang telah ditentukan.
  • Peserta berkelompok/tim, terdiri atas 1-4 orang mahasiswa dan dipimpin oleh seorang Ketua Tim.
  • Pendaftaran peserta dan keikutsertaan peserta tidak dikenakan biaya.
  • Peserta menyerahkan proposal hasil karya kepada panitia sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
  • Peserta yang lolos babak seleksi wajib mengumpulkan aplikasi dan manual cara pemakaian aplikasi tersebut yang disimpan dalam CD (Compact Disc) dan diserahkan kepada panitia pada jadwal yang sudah ditentukan.
  • Peserta yang menjadi finalis diwajibkan untuk mempresentasikan hasil karyanya kepada para juri untuk dinilai guna menentukan pemenang utama.
  • Peserta harus dapat menunjukkan kerjasama dan kekompakan kelompok.
  • Peserta yang tidak memenuhi syarat dinyatakan gugur tanpa pemberitahuan.

Tahap dan prosedur

Tahap Pendaftaran (21 Juli – 11 Oktober 2014)

  • Peserta mendaftarkan timnya di Kampus E Ruang E544 dan Kampus J Ruang J1222 dengan mengisikan nama tim, data anggota tim, dan data ketua tim, dan fotocopy kartu mahasiswa atau kartu rencana studi aktif.
  • Judul karya yang akan dikompetisikan dan deskripsi diisi singkat dan jelas.

Pengumpulan Proposal dan Tahap Penyisihan

  • Tahap Penyisihan dilaksanakan melalui sidang penilaian oleh panel juri terhadap karya-karya pembuatan aplikasi LBS yang diusulkan melalui proposal dan kelengkapan yang telah diserahkan oleh peserta ke panitia lomba.
  • Peserta mengumpulkan Proposal LBS Application melalui panitia lomba KOMPRES 2014 paling lambat tanggal 18 Oktober 2014.
  • Proposal LBS Application minimal terdiri atas lembar judul, abstraksi, daftar isi, latar belakang, tujuan, deskripsi teknologi yang digunakan (platform aplikasi, library eksternal yang digunakan, sistem operasi, dan sebagainya), flowchart, storyboard, serta output.
  • Naskah proposal ditulis dalam font huruf Times New Roman, 12pt, 1.5 spasi, maksimum 30 halaman, serta di jilid.

AGENDA

Promosi dan Pendaftaran KOMPRES 2014

Tanggal :  9 Juni  – 11 Oktober 2014
Tempat : Kampus E dan Kampus J Universitas Gunadarma

Batas Pengumpulan Proposal Cloud Computing/Web Service Application, 3D Animation, dan LBS Application

Tanggal: 18 Oktober 2014
Tempat: Lab. Teknik Informatika Universitas Gunadarma Kampus E Ruang E544 dan Kampus J Ruang J1222

Seleksi Awal Proposal Cloud Computing/Web Service Application, 3D Animation, dan LBS Application

Tanggal: 20-22 Oktober 2014
Tempat: Lab. Teknik Informatika Universitas Gunadarma

Pengumuman Finalis KOMPRES

Tanggal: 22 Oktober 2014
Tempat: Lab. Teknik Informatika Universitas Gunadarma

Pengumpulan CD Aplikasi Cloud Computing/Web Service Application, 3D Animation, dan LBS Application (Finalis) dan Technical Meeting Finalis

Tanggal: 28 Oktober 2014
Tempat: Lab. Teknik Informatika Universitas Gunadarma

Final KOMPRES 2014

Tanggal: 30 Oktober 2014
Tempat : Auditorium Universitas Gunadarma Kampus D Gd. 4 Lt. 6

Archives